Materi Pelajaran: "Eksperimen Benda yang Mudah Bergerak dan Sulit Bergerak"
1. Menguji manakah benda yang lebih mudah bergerak pada bidang miring yang licin.
Peralatan:
a. Bidang miring (dapat menggunakan meja lipat dgn satu bagian penyangga)
b. Balok Kayu
c. Balok Plastik
d. Balok Plastisin
e. Balok Kardus
Kegiatan: Letakkan salah satu benda di atas bidang miring, kemudian amatilah pergerakannya, cepat ataukah lambat? Manakah benda yang paling cepat gerakannya pada bidang miring?
2. Menguji manakah permukaan yang lebih cepat dilalui oleh benda.Apakah permukaan kasar atau halus?
Peralatan:
a. Lembar kardus makanan yang salah satu sisinya dikelupas sehingga memberikan tekstur kasar.
b.Mainan anak yang beroda
c. Balok untuk penyangga salah satu sisi untuk membuat bidang miring.
Kegiatan: Letakkan mainan beroda pada bidang yang kasar, bagaimanakah pergerakannya, cepat atau lambat? Kemudian, baliklah lembar kardus, gunakan bagian yang licin untuk malakukan percobaan yang sama. Amatilah yang terjadi, bandingkan dengan percobaan sebelumnya pada bidang yang kasar.
3. Menguji manakah yang lebih mudah menggelinding, bola dengan tekstur halus atau kasar?
Peralatan:
a. Bola plastik yang halus dan yang kasar (dengan cara digunting permukaannya sehingga seperti durian)
b. Sedotan
Kegiatan: Tiuplah bola menggunakan sedotan. Bandingkan kedua bola, manakah yang gerakannya lebih cepat?
4. Menguji manakah bentuk roda yang mudah bergerak?
Peralatan:
a. Mobil-mobilan tanpa roda
b. Berbagai bentuk roda, ada yang persegi, segi tiga, lingkaran, bola dan kubus.
Kegiatan: Mobil-mobilan dipasangkan roda yang berbagai bentuk. Kemudian dibandingkan, manakah bentuk roda yang membuat mobil-mobilan mudah bergerak?Mengapa bentuk tersebut memudahkan mobil-mobilan bergerak?
Suasana ketika Siswa Melakukan Eksperimen
Seluruh siswa dibagi menjadi empat kelompok, kemudian masing-masing kelompok melakukan percobaan pada pos yang disediakan dengan waktu yang telah ditentukan.
Pada saat guru meniup peluit, maka setiap kelompok bergeser ke meja dengan eksperimen yang lain, begitu seterusnya hingga seluruh eksperimen diujikan.
Sambil mencoba, siswa mencatat hasil percobaan pada lembar pengamatan yang telah diberikan oleh guru.
Hasilnya? Fantastis!!!
Siswa-siswa kelas 1 SD dapat menjadi Scientist2 yang handal! Mereka menyimpulkan hasil percobaannya sendiri bersama dengan kelompoknya. Ayo, Nak! Terus semangat untuk meneliti!
0 komentar:
Posting Komentar